SMK MAARIF SUKAWENING38 Garut

SMK MAARIF SUKAWENING IS THE BEST

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

sambutan kepala SMK

Oleh Admin 29-09-2013 03:39:08

Saya ucapkan selamat datang bergabung, mengunjungi web kami SMK Ma'arif Sukawening. Domain www.smksmaarifsukawening38-grt.sch-id.net merupakan website resmi dari Sekolah Menengah Kejuruan Maarif.

Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kemajuan pendidikan sudah disadari oleh semua orang dan sekarang yang menjadi tugas kita semua adalah upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kita masih belum bisa berbesar hati melihat hasil pendidikan kita dewasa ini tetapi mengeluh, membandingkan bahwa kita terpuruk dengan negara lain, serta bersikap pesimis juga bukan merupakan langkah dan sikap yang bertanggungjawab sebagai anak bangsa. Marilah kita menyingsingkan lengan baju, bekerja keras tidak hanya mengolah akal tetapi juga mengolah hati kita untuk mencari solusi meningkatkan pendidikan kita secara totalitas dan berkesinambungan baik penataan manajemen kelembagaan, kurikulum, implementasi kegiatan belajar mengajar, serta evaluasi sehingga dihasilkan output yang berkualitas. Untuk semua itu tidak hanya menjadi tugas pemerintah dan tenaga kependidikan saja tetapi seluruh komponenen dan warga masyarakat sendiri harus ambil bagian.

Insya allah langkah padu berkesinambungan akan membuahkan hasil kemajuan pendidikan yang berarti pula kemajuan bangsa sehingga kita bisa berdiri bersanding dengan bangsa-bangsa lain dengan penuh kehormatan dan harga diri dan yang lebih utama lagi terwujudnya kesejahteraan bangsa secara nyata sebagaimana yang menjadi cita-cita para pahlawan kita, cita-cita semua anak negeri ini.
Pendidikan dalam arti luas mencakup tidak hanya pengajaran yang memberikan penekanan pada pencapaian keterampilan akal tetapi juga mengolah keterampilan hati, budi pekerti sehingga menumbuhkan seorang anak menjadi manusia dewasa yang berkembang potensi kepribadiannya, potensi akal sehigga tindakannya dapat dipertanggungjawabkan, arif serta bermanfaat untuk masyarakat serta alam sekitarnya.

Keberhasilan pendidikan disekolah tidak ditentukan oelh suatu komponen saja, kurikulum, Sumber Daya guru dan tenaga kependidikan, input kemampuan awal siswa, sarana pra sarana, penataan managemen, budaya sekolah tetapi juga oleh lingkungan keluarga dan masyarakat baik lingkungan lokal serta regional. Untuk penyelenggaraan kembali maka pada kesempatan ini hanya mencoba menyampaikan peran guru yang ternyata sangat berpengaruh penting pada keberhasilan proses pendidikan. Buku novel "Laskar Pelangi" yang menceritakan gigihnya Ibu Guru Muslimah beserta kepala sekolah serta 10 anak muridnya di SD Muhammadiyah di Kepulauan Belitung yang akhirnya mampu menghasilkan anak-anak manusia yang berkembang potensinya menjadi manusia yangproduktif, sementara komponen lain tidak sempurna digambarkan dengan bangunan sekolah yang hampir roboh, keterbatasan saranan mulai dari buku bacaan siswa serta alat-alat peraga lainya.

Keberhasilan Ibu Muslimah menanamkan "Idealisme Belajar" pada murid-muridnya dilandasi oleh rasa iklas, menggali dan melaksanakan metode pembelajaran tidak hanya dengan keterampilan akal tetapi juga dengan keterampilan hati karena merasakan tangungjawabnya sebagai guru tidak hanya cukup menularkan ilmu tetapi mengawal, membimbing agar perkembangan hati, pikir anak-anak muridnya tidak menyimpang dari keinginan, menjadi manusia yang mulia. Hikmah besar kita daptkan dari Laskar Pelangi dan ibu Muslimah ini adalah mengajar, mendidik harus memiliki idealisme belajar mengajar, miliki keiklasan hati untuk memberikan yang terbaik bagi murid-muridnya, seperti kita ketahui beliau hampir 10 tahun mengajar tanpa honorarium yang layak sebagai guru tidak tetap pada sekolah swasta didaerah terpencil.

Akhirnya catatan penting yang seharusnya kita lakukan yakni bahwa belajar untuk mengetahui alam sekitar, belajar untuk menajadi manusia dewasa yang produktif, belajar menyempurnakan potensi diri sebagai manusia yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT pada kita, selayaknya harus dilakukan oleh kita semua tidak hanya pada murid tetapi juga guru, guru yang berhasil adalah guru yang selalu belajar sampai ajal menjemput kita, dan SMK Ma'arif Sukawening beserta semua warga belajarnya sepakat melaksanakan itu, semoga Allah ridlo dan memberikan hidayah-Nya pada kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Kepala SMK (JUANDA, S.PdI., MA)